Saturday, February 15, 2014

Kucing Muntah Cacing

Apakah kucing Anda pernah mengalami muntah-muntah dan mengeluarkan cacing? Kucing yang muntah-muntah cacing sangatlah mengerikan dan juga menjijikan jika dilihat. Ketika kucing muntah cacing biasanya akan terlihat makanan yang dimuntahkan dan juga didalamnya terdapat cacing yang biasanya warna putih seperti mie/spaghetty.

 Cacing dari muntahan kucing

Jika kucing Anda juga mengalami masalah pernapasan seperti kucing terlihat sesak napas, bisa jadi itu diakibatkan oleh cacing paru-paru (lungworm) yaitu cacing yang mengganggu pada saluran pernapasan. Kucing yang mengalami cacingan biasanya juga disertai dengan diare dan muntah-muntah cukup sering, dan dalam muntah atau kotorannya akan mengeluarkan cacing.

Penularan Cacing Pada Kucing

Mungkin Anda penasaran, bagaimanakah cacing tersebut bisa masuk ke tubuh kucing. Dalam banyak kasus, larva cacing biasanya berasal dari kucing lain yang sudah terinfeksi, misalnya dari induk kucing yang cacingan akan menularkan larva cacing ke anaknya melalui air susu ibu kucing, sehingga anak kucing tersebut juga terkena cacingan.

Penyebab lainnya yaitu jika kucing memakan hewan lainnya seperti tikus dan didalam tubuh tikus tersebut terdapat telur cacing can pindah ke tubuh kucing. Ketika telur cacing berada dalam tubuh kucing maka lama kelamaan akan tumbuh menjadi cacing dewasa dan bertelur didalam tubuh kucing sehingga kucing tersebug cacingannya semakin parah.

Ketika kucing mengalami cacingan yang sangat parah, kucing akan kehilangan nafsu makan, kekurangan nutrisi dan bisa menybabkan kematian jika kondisinya semakin parah. Kucing yang sering muntah-muntah cacing sebaiknya segera diobati.

Untuk menjaga kucing tidak terkena cacingan, pastikan makanan yang diberikan pada kucing adalah makanan yang bersih dan tidak terkontaminasi bakteri. Bersihkan tempat buang air kucing secara berkala, cuci dengan sabun anti kuman agar telur dan larva cacing bisa hilang.

Pengobatan pada kucing yang cacingan biasanya dilakukan dengan cara memberi obat cacing yang banyak dijual di toko hewan peliharaan atau di dokter hewan. Namun biasanya obat tersebut hanya akan membunuh cacing dewasa dan tidak membunuh semua telur cacing, sehingga Anda harus memberi kucing obat cacing setiap beberapa bulan agar cacing-cacing baru bisa dibasmi.

 Si kucing hitam

Jika Anda ingin mengobati kucing yang muntah cacing secara alami tanpa obat-obatan, saran saya bacalah ebook cara mengatasi kucing muntah yang ada pada website www.kucingmuntah.com. Dulu kucing saya juga sering sekali muntah-muntah cacing, namun sekarang sudah tidak lagi.

4 comments:

  1. Hmm, saya telat baca informasinya, kucing saya sering kali muntah cacing diwaktu malam, dan beberapa hari yang lalu kucing udah tak bernyawa, sepertinya karena sering muntah-muntah, kasian sekali..

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas infonya, kucing ku juga suka muntah cacing, semoga kucing ku bisa sembuh..

    ReplyDelete
  3. kucing saya sakit udah 1 minggu,,,,badan nya lemas banget dan klo berdiri mudah jatuhh,,perutnya buncit gk mau nyusu ma induk nya, terus mencret dan muntahnya keluar cacing putih panjang, kadang juda ee nya keluar cacing, saya harus bagaimana?

    ReplyDelete
  4. Kalo kucingnya muntah cacing terus ee nya ada cacingnya itu kira kira jenis cacing apa ya?

    ReplyDelete